Friday, May 11, 2018

Keterapian Fisik

Hasil gambar untuk rehabilitasi
Tenaga Keterapian Fisik adalah tenaga kesehatan yang menangani masalah kesehatan dan rehabilitasi seputar fisik manusia.
Tenaga Keterapian Fisik Meliputi :
1. Fisioterapi
Fisioterapi merupakan bentuk pelayanan Kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan ( fisik, elektroterapeutis dan mekanis ), pelatihan fungsi, komunikasi.
2. Okupasi terapis
Okupasi Terapis merupakan profesi kesehatan yang bertujuan membantu individu dengan kelainan mental, sosial, gangguan fisik, yang meliputi aspek sensomotorik dan proses neurologis. dimana bertujuan untuk meningkatkan kemandirian individu pada area aktivitas kehidupan sehari-hari, produktivitas dan pemanfaatan waktu luang dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tujuan utama dari Okupasi Terapi adalah memungkinkan individu untuk berperan serta dalam aktivitas keseharian.
3. Terapi wicara
Terapi Wicara adalah suatu ilmu/kiat yang mempelajari perilaku komunikasi normal/abnormal yang dipergunakan untuk memberikan terapi pada penderita gangguan perilaku komunikasi, yaitu kelainan kemampuan bahasa, bicara, suara, irama/kelancaran, sehingga penderita mampu berinteraksi dengan lingkungan secara wajar.
4. Akupuntur
Akupuntur Adalah Suatu cara pengobatan yang sudah berkembang sejak lama dan pertama kali berasal dari Cina sekitar 5000 tahun yang lalu berdasarkan bukti-bukti sejarah Akupunktur berasal dari Bahasa Latin, yaitu: acus, “jarum” (kata benda), dan pungere, “tusuk” (kata kerja) atau dalam Bahasa Mandarin disebut zhen jiu dimana zhen (tusuk) dan jiu (bakar), atau dikenal juga sebagai terapi “moxibustion” yang merupakan suatu teknik terapi kesehatan dengan cara memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam “titik akupunktur” tubuh.

2 comments: